Perbedaan Antara HTTP dan HTTPS

Banyak orang akhirnya menjadi bingung ketika mereka melihat satu dua URL yang berbeda sebagai HTTP dan HTTPS lainnya. Jadi apa perbedaan antara keduanya? Dalam posting ini saya akan membahas HTTP dan perbedaan antara HTTP dan HTTPS dalam istilah sederhana sehingga mudah dipahami.



Apa itu HTTP

HTTP singkatan dari HyperText Transfer Protocol. Ini adalah sistem untuk transmisi dan menerima informasi di seluruh server dan klien. Server adalah mesin di mana kode situs Web Anda ditempatkan dan klien tidak lain hanyalah browser Anda. HTTP mengelola saling pengertian antara server dan klien untuk bertukar informasi atau data dengan sukses. HTTP pertama hanya memiliki satu metode yang disebut sebagai GET, yang akan meminta halaman dari server dan respon adalah halaman HTML.

Jika Anda mengunjungi situs web apapun Anda mungkin melihat alamat akan diawali dengan http:// ini berarti browser Anda sekarang terhubung ke server menggunakan HTTP. Sekarang HTTP bukanlah cara paling aman untuk membuat sambungan, masalah adalah rentan terhadap orang yang mungkin ingin "menguping" (hacking, phising, dll dengan maksud kejahatan).


Hal ini seharusnya menjadi perhatian setiap saat Anda saat browsing situs web apapun, masalahnya muncul ketika Anda membuat transaksi keuangan melalui Internet. Seperti kita ketahui, internet tidak persis tempat yang aman. Selain pencarian dan browsing website, jika Anda terlibat dalam transaksi keuangan, bagaimana pembelian online, account jejaring sosial (Facebook, twitter, dll) atau account email dan transfer file yang aman. Jadi bagaimana kita mengamankan saat browsing seperti itu? Jawabannya adalah menggunakan HTTPS.


Apakah HTTPS

HTTPS atau Secure HTTP beberapa mungkin menyebutnya adalah kombinasi dari Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dengan SSL / TLS protokol. Sekarang semua yang anda berkomunikasi melalui HTTPS akan dikirim dan diterima dalam bentuk terenkripsi, yang menambahkan unsur keselamatan.


Seperti ketika klien membuat permintaan ke server, server merespon dengan menawarkan daftar metode enkripsi. Ketika klien terhubung ke sebuah website melalui HTTPS, website mengenkripsi sesi dengan sertifikat digital. Secure Socket Layer atau SSL menggunakan sistem kriptografi yang mengenkripsi data dengan dua tombol yang browser dan server saling mengirim kode unik lainnya yang digunakan untuk enkripsi.

OK,, Cukup sekian dulu tuk hari ini...
Semoga bermanfaat...
Thanks.. For Visit,.. 
 


No comments:

Post a Comment